Persiapan MOS/OSPEK

Dear ayah bunda,

I know it a little bit late, karena banyak sekolah yang sudah memulai Masa Orientasi Sekolah (MOS) bagi calon siswa  tapi mudah-mudahan tips berikut dapat berguna juga berguna persiapan   Orientasi  Studi dan Pengenalan Kampus (OSPEK) bagi calon mahasiswa, ataupun bagi ayah bunda yang tahun depan putra putrinya menghadapi MOS/OSPEK.

Biasanya MOS/OSPEK pada masa sekarang meghruskan calon siswa/calon mahasiswa untuk membawa perlengkapan yang aneh-aneh. Mungkin ayah bunda tidak harus membeli semua barang yang saya sebutkan dalam list ini, tapi paling tidak dari dari gambaran barang/perlengkapan yang harus dibawa, ayah bunda sudah mempunyai gambaran dimana harus membeli barang-barang yang “AJAIB” ini. Apalagi biasanya calon siswa/mahasiswa pulang pada sore hari dan sudah terlalu lelah, sehingga biasanya baru ingat untuk membawa perlengkapan terntentu yang sudah sulit didapat pada malam hari atau pada pagi harinya karena harus datang ke sekolah/kampus pagi-pagi sekali.

Berikut daftar barang yang “biasanya” diminta kakak kelas untuk dibawa:

1. Karton putih/warna : triknya, tanyakanlah kepada kakak kelas yang setahun diatasnya, biasanya harus memakai karton warna apa. karena biasanya tiap tahun karton yang dipakai untuk tulisan/gambar tertentu tidak jauh berubah, terutama bila karton tersebut dipakai untuk membentuk gambar logo sekolah/universitas.

2. Botol minuman kemasan : ada beberapa jenis botol minuman kemasan yang biasanya harus dibawa. Karena tiap panitia MOS/OSPEK biasanya mempunya permintaan yang berbeda, paling tidak ayah bunda bisa ‘mengincar’ toko mana yang buka dimalam/pagi hari untuk membeli minuman kemasan yang ukurannya cukup lengkap mulai dari yang sangat kecil sampai galon.

3. Karung: biasanya karung ini dipakai untuk tas. Tidak ada salahnya menyiapkan 2 macam karung, yaitu goni dan karung putih juga tas plastik besar/kantung semen besar.

4. Tali rafia: biasanya tali ini dipakai untuk mengikat berbagai hal yang harus dibawa, seperti tas dari karung dll. Siapkan beberapa warna. yang paling umum adalah wrna merah/putih atau bisa ditambah dengan warna-warna dari seragam/logo sekolah

5. Pita : Pita juga perlengkapan yang sering digunakan. Yang paling umum adalah pita merah-putih (1 pita 2 warna) atau pta merah dan pita putih. Kadang-kadang juga diminta untuk memakai beberapa macam pita.

6. Beras dan palawija: Siapkan beras 2 warna, merah dan putih. Untuk palawija biasanya jagung, kacang hijau dan kacang tanah yang paling sering diminta untuk dibawa. Kalau ayah bunda ragu untuk membeliya, paling tidak ayah bunda mengetahui dengan pasti palawija apa saja yang dijual di warung dekat rumah.

7. Koran : di era digital seperti sekarang, mungkn sudah sedikit keluarga yang masih berlangganan koran cetak. Jangan lupa siapkan beberapa eksemplar koran yang tidak terpakai, karena koran ini merupakan salah satu perlengkapan yang sering diminta untuk dibawa.

8. Botol beling (kecap/bir/softdrink) : jarang diminta tapi paling tidak ayah bunda sudah mempunyai info dimana bisa mendapatkan botol-botol beling ini

9. Buah

10.Tepung terigu/kanji

11. Spidol waterproof ukuran besar (wrna merah dan hitam) : biasanya dipergunakan untuk menulis nama siswa/mahasiswa dan nama kelompok.

Nah, bagaimana persiapan MOS ayah bunda? Semoga tips diatas berguna. bagi ayah bunda yang mempunyai pengalaman unik dengan MOS disharing juga dong, siapa tahu berguna bagi ayah bunda yang lain.

Salam Keluarga

AM

gambar dari sini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: