Persiapan Sekolah

Ayah Bunda,

bulan Juli adalah awal tahun ajaran baru bagi anak-anak usia sekolah mulai dari TK bahkan playgroup, sampai SMA.

Tentu saja kebanyakan orangtua akan sibuk mempersiapakan perlengkapan sekolah anak mulai dari membayar ini itu sampai membeli berbagai alat tulis dan keperluan sekolah lainnya yang dibutuhkan anak-anak.

Sekedar berbagi, tidak jauh berbeda dengan orangtua lainnya, saya sebagai ibu dari dua anak usia sekolah juga  merasakan kesibukan yang sama dengan yang dialami oleh orangtua lainnya dalam menyambut tahu ajaran baru.

Perlengkapan sekolah yang biasanya dipersiapkan adalah:

– Buku dan alat tulis

– Sampul buku

– Tas sekolah

– Seragam, sepatu dan kaus kaki

– dll

yang biasanya tidak jauh berbeda diantara satu anak dengan anak lainnya.

Tapi, selain persiapan “standard” seperti diatas, ada beberapa perlengkapan lainnya yang TERNYATA tidak kalah pentingnya untuk dipersiapkan, terutama untuk anak usia TK-SD dengan orangtua yang bekerja.

Sekedar informasi saja, anak sekolah pada masa ini tidak hanya belajar dengan mencatat atau mengerjakan PR tertulis saja. Dengan metode dan kurikulum yang  baru, tugas dan pekerjaan rumah anak berupa praktek juga bertambah. Kadang-kadang, dengan kesibukan yang padat, kita lalai dalam mempersiapkan kebuthan peralatan tugas yang dibutuhkan putra-putri kita, sehingga tidak ada salahnya, sebagai persiapan masuk sekolah, orangtua juga mempersiapkan bahan yang sering dipergunakan untuk tugas anak, yaitu antara lain:

Karton warna-warni ukuran Folio/A4 : Karton ini biasanya dipergunakan untuk anak SD-SMA untuk menempelkan aneka tugas dan kliping.

Aneka gunting/manik-manik/aneka aksesoris : Digunakan untuk menghias tugas

Aneka gambar binatang/tumbuhan/baju daerah/rumah adat/pahlawan berupa foto atau soft copy/hard copy atau dari majalah bekas : Untuk anak TK/SD kelas 1-3. Meskipun keihatannya sederhana, kadanhg-kadang hal ini cukup merepotkan apabila gambar yang diminta memang jarang ditemui.

Foto Keluarga : Untuk anak TK/SD kelas 1-3. Untuk tugas mengenal konsep keluarga, persiapkan foto keluarga paling tidak di dua lokasi yang berbeda dan sebaiknya SUDAH DICETAK DENGAN UKURAN 3R atau 4R (bukan diprint)

Foto anak : Untuk anak TK-SD kelas 1-3. Beberapa lemar pas foto hitam putih dan warna, serta foto anak yang sedang beraktifitas dengan ukuran 3R atau 4R. DICETAK bukan di print

Nah ayah bunda, ini hanya beberapa tips dari pengalaman saya yang mudah-mudahan berguna. Jika anda yang kurang, silahkan ditambahi sehingga berguna bagi ayah-bunda yang lain.

Salam Keluarga

AM

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: